PROJECT MANAGEMENT and STRATEGIC PLANNING

Project itu bersifat sementara, memakai keuangan dan sponsor dari kalangan sendiri. Sedang Business Process adalah serangkaian acara  yang dilakukan  berulang kali. Project juga memiliki sifat dan tujuan yang unik.
Tiap Project memiliki unsur Time, Cost, and Scope. Ketiga unsur ini berhubungan satu dengan yang lain dan tidak dapat terpisahkan.

A. Project
1. 5 proses Project Manajemen
a. Memulai: targetkan hal-hal yang akan dicapai dalam project.
b. Merencanakan: rencanakan semua resiko, dan tujuannya, pemimpin, anggota, jadwal, dll.
c. Melaksanakan: Masing-masing orang bekerja sesuai tugas dan tanggung jawabnya.
d. Memonitori dan mengontrol: pengontrolan agar dapat selesai tepat waktu dengan hasil yg baik.
e. Penutup: Membuat laporan final, mempresentasikan kepada klien, dan membuat laporan pelajaran. [1]

2. Tugas Project Manager
Project Manager harus memiliki kemampuan sebagai seorang pemimpin, dapt berkomunikasi yang baik, dan mampu membangun kekompakan  dalam sebuah kelompok. Keberhasilan Project juga dipengaruhi oleh Project Manager

B. Project Management Software

1. Manajemen waktu
Menggunakan Project Management Software untuk mengelola waktu yang baik. Software akan otomatis mengatur kapan memulai dan menyelesaikan pekerjaan, dan dapat mengestimasi durasi dari setiap tujuan.

2. Manajemen SDM
Software ini memiliki kemampuan untuk menetapkan perkejaan kepada anggota kelompok sesuai kemampuan. Software ini juga dapat mengukur level usaha dari setiap anggota.

3. Manajemen pengeluaran
Software ini dapat memberikan laporan dalam pengeluaran sebuah project.

C. Faktor Kesuksesan dan kegagalan sebuah project

1. Mengapa Project gagal?
a. Kekurangan Sumber Daya
b. Masalah Teknologi
c. Durasi waktu yang tidak relevan
d. Komunikasi yang buruk
e. Kebutuhan yang tidak jelas
f. Dll [2]

2. Success Factors for Project Management
Kejelasan menjadi sangat penting. Semuanya harus menyetujui dan mengerti semua tujuan project decara detail.

D. Rencana strategi bagi Sistem Informasi

1. Vision, Principles, and Policies
Visi, prinsip, dan kebijakan sangatlah penting, karena unsur tersebut akan mempengaruhi.

2. Project Portfolio Management
Adanya PMO (Project Management Office) untuk mengawasi semua portfolio yang dikerjakan.

3. Disaster Recovery and Business Continuity
Hal ini membahas tentang tidakan pencegahan dari sebuah perusahaan pada saat ada bencana yang mungkin saja terjadi pada bisnisnya.

4. Technology and Industry Trends
Sebuah Perusahaan harus dapat melihat trend teknologi agar teknologi yang dikembangkan dapat menjadi relevan saat itu.

E. Rencana kedepan

1. Cognitive Biases and Strategic Planning
a. Black Swan
Black Swan menjadi sebuah istilah dalam sebuah peristiwa yang jarang terjadi tapi bukan berarti tidak mungkin terjadi. Pemilik perusahaan harus dapat memperhitungkan dan mencegah kejadian “Black Swan”.



Referensi:

[1] 4pmti.com , 'Project Management Process Groups’, 2015. [Online].

Available:https://www.4pmti.com/blog/project-management-process-groups/

[2] blog.taskque.com, 'Why do Projects Fail’, 2017. [Online].

Available:https://blog.taskque.com/why-projects-fail/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUMMARY CHAPTER 6

Ethics, Privacy and Security