SUMMARY CHAPTER 8 : Collaborating with Technology
Nama: Anastasya Syanne Titahena
NIM: 01082180022
Major: Informatics
SUMMARY CHAPTER 8 : Collaborating with Technology
1. The Evolution of Colaborative Technologies
• Email: Email menggunakan SMTP server untuk mengidentifikasi kemana email akan dikirim. SMTP server diindentifikasi berdasarkan nama setelah tanda “@”. Di email, ada IMAP (Internet Mail Access Protocol), IMAP digunakan agar pengguna dapat membuka email dari banyak device.
• Discussion Forums: Forum Diskusi menjadi tempat dimana orang-orang bisa saling berdiskusi tentang topik yang menurut mereka menarik. Diskusi forum juga bisa digunakan untuk para karyawan membicarakan tentang informasi perusahaan, selain itu juga bisa digunakan sebagai kotak saran.
• Instant Messaging and Texting: Instant Messaging adalah obrolan text dengan menggunakan internet untuk menghemat biaya berhubungan jarak jauh. AOL Instant Messenger, Google Talk, Yahoo! Messenger, Skype adalah salah satu dari Instant Messaging. Dapat di gunakan dari protokol email yang berbeda.
• Group Decision Support Systems (GDSS): GDSS digunakan face-to-face group meeting, untuk membantu orang agar bisa menentukan sebuah keputusan.
• Web Conferencing: Teknologi agar kita bisa meeting dengan orang lain menggunakan internet.
• Interactive Video: memampukan kita agar bisa mengobrol dengan orang lain tapi kita bisa melihat muka dari lawan bicara kita, contohnya Skype.
• Shared Workspaces: memampukan kita untuk bisa mengedit pekerjaan kita secara online.
2. WEB 2.0 COLLABORATIVE TECHNOLOGIES
• Blog: blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (dengan cara diposting) pada sebuah halaman web. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
• Wiki: Wiki adalah situs web yang memperbolehkan penggunanya menambah atau menyunting (mengedit) isi situs tersebut.
• Social Networking: Social Networking adalah program internet dimana kita bisa mendapatkan koneksi teman. Biasanya social networking mempunyai tujuan seperti mencari koneksi atau mempunyai tujuan bisnis.
• Microblogging: Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut.
• Virtual Worlds: Di Virtual World biasanya kita bisa berinteraksi dengan lingkungan yang berbentuk 3D, dan kita berinteraksi dengan Avatar.
3. UNIFIED COMMUNICATIONS
• Capabilities for Unified Communications
a) Voice calls
b) Conferencing (audio, video, web)
c) Messaging (email, voicemail)
d) Instant messaging
e) Presence awareness
• Universal Dashboards: Universal Dashboards membantu orang untuk mengatur Unified Communication mereka, untuk memilih metode komunikasi yang baik.
4. THE HUMAN ELEMENT AND COLLABORATIVE TECHNOLOGIES
• Psychological Characteristics of Online Environments
• UNFAMILIAR TOOLS: Tombol QWERTY, mouse, dan segala alat komunikasi modern, bagi yang tidak biasa dengan hal tersebut akan mengganggu jalannya komunikasi yang ada.
• MEDIA RICHNESS: Teks yang terjadi secara online kekurangan kekayaan media karena tidak ada petunjuk nonverbal yang digunakan.
• PHYSICAL DISTANCE: Orang yang terhubung secara online secara fisik memiliki jarak yang jauh antar orang yang berkomunikasi.
• ANONYMITY: Banyak interaksi online meningkatkan rasa anonimnya ( tidak ingin diketahui ) yang membuat partisipan merasa mereka tidak dikenali oleh sesama teman bicara.
• AUDIENCE: Besar dan komposisi pengguna tidak bisa dikenali dengan jelas karena adanya komunikasi elektronik yang bisa diarsipkan.
5. Group Dynamics in Virtual Teams
• Kebiasaan yang ada dalam kegiatan berdiskusi yang terjadi secara online tentunya akan berbeda dengan dinamika yang ada dalam kejadian diskusi tatap muka.
• Developing Group Norms : Tanda visual yang tidak ada saat online membuat membangun kebiasan baik secara online agak sulit dilakukan. Biasanya grup membuat aturan dan norma norma yang harus ditaati agar komunikasi berlangsung baik.
• Disinhibition : Kejadian dimana seseorang mengekspresikan dirinya terlalu terbuka, aggresif, dan tumpul. Perlu suatu standar antar kelompok tersebut untuk mengetahui kebiasaan tiap anggota mereka dalam berbahasa dalam chat.
• Status Equalization : Dalam chat online, status yang dimiliki oleh masing-masing orang akan tersamakan satu sama lain dikarenakan perlunya kerja sama dan komunikasi yang baik dalam melakukan group chat.
• Trust : Perlu proses untuk bisa membangun kepercayaan anggota tim baru ke tim yang lama untuk bisa membentuk suatu tim yang tangguh dan solid.
Source:
https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroblog
https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
NIM: 01082180022
Major: Informatics
SUMMARY CHAPTER 8 : Collaborating with Technology
1. The Evolution of Colaborative Technologies
• Email: Email menggunakan SMTP server untuk mengidentifikasi kemana email akan dikirim. SMTP server diindentifikasi berdasarkan nama setelah tanda “@”. Di email, ada IMAP (Internet Mail Access Protocol), IMAP digunakan agar pengguna dapat membuka email dari banyak device.
• Discussion Forums: Forum Diskusi menjadi tempat dimana orang-orang bisa saling berdiskusi tentang topik yang menurut mereka menarik. Diskusi forum juga bisa digunakan untuk para karyawan membicarakan tentang informasi perusahaan, selain itu juga bisa digunakan sebagai kotak saran.
• Instant Messaging and Texting: Instant Messaging adalah obrolan text dengan menggunakan internet untuk menghemat biaya berhubungan jarak jauh. AOL Instant Messenger, Google Talk, Yahoo! Messenger, Skype adalah salah satu dari Instant Messaging. Dapat di gunakan dari protokol email yang berbeda.
• Group Decision Support Systems (GDSS): GDSS digunakan face-to-face group meeting, untuk membantu orang agar bisa menentukan sebuah keputusan.
• Web Conferencing: Teknologi agar kita bisa meeting dengan orang lain menggunakan internet.
• Interactive Video: memampukan kita agar bisa mengobrol dengan orang lain tapi kita bisa melihat muka dari lawan bicara kita, contohnya Skype.
• Shared Workspaces: memampukan kita untuk bisa mengedit pekerjaan kita secara online.
2. WEB 2.0 COLLABORATIVE TECHNOLOGIES
• Blog: blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (dengan cara diposting) pada sebuah halaman web. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
• Wiki: Wiki adalah situs web yang memperbolehkan penggunanya menambah atau menyunting (mengedit) isi situs tersebut.
• Social Networking: Social Networking adalah program internet dimana kita bisa mendapatkan koneksi teman. Biasanya social networking mempunyai tujuan seperti mencari koneksi atau mempunyai tujuan bisnis.
• Microblogging: Mikroblog adalah suatu bentuk blog yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks pembaharuan singkat baik untuk dilihat semua orang atau kelompok terbatas yang dipilih oleh pengguna tersebut.
• Virtual Worlds: Di Virtual World biasanya kita bisa berinteraksi dengan lingkungan yang berbentuk 3D, dan kita berinteraksi dengan Avatar.
3. UNIFIED COMMUNICATIONS
• Capabilities for Unified Communications
a) Voice calls
b) Conferencing (audio, video, web)
c) Messaging (email, voicemail)
d) Instant messaging
e) Presence awareness
• Universal Dashboards: Universal Dashboards membantu orang untuk mengatur Unified Communication mereka, untuk memilih metode komunikasi yang baik.
4. THE HUMAN ELEMENT AND COLLABORATIVE TECHNOLOGIES
• Psychological Characteristics of Online Environments
• UNFAMILIAR TOOLS: Tombol QWERTY, mouse, dan segala alat komunikasi modern, bagi yang tidak biasa dengan hal tersebut akan mengganggu jalannya komunikasi yang ada.
• MEDIA RICHNESS: Teks yang terjadi secara online kekurangan kekayaan media karena tidak ada petunjuk nonverbal yang digunakan.
• PHYSICAL DISTANCE: Orang yang terhubung secara online secara fisik memiliki jarak yang jauh antar orang yang berkomunikasi.
• ANONYMITY: Banyak interaksi online meningkatkan rasa anonimnya ( tidak ingin diketahui ) yang membuat partisipan merasa mereka tidak dikenali oleh sesama teman bicara.
• AUDIENCE: Besar dan komposisi pengguna tidak bisa dikenali dengan jelas karena adanya komunikasi elektronik yang bisa diarsipkan.
5. Group Dynamics in Virtual Teams
• Kebiasaan yang ada dalam kegiatan berdiskusi yang terjadi secara online tentunya akan berbeda dengan dinamika yang ada dalam kejadian diskusi tatap muka.
• Developing Group Norms : Tanda visual yang tidak ada saat online membuat membangun kebiasan baik secara online agak sulit dilakukan. Biasanya grup membuat aturan dan norma norma yang harus ditaati agar komunikasi berlangsung baik.
• Disinhibition : Kejadian dimana seseorang mengekspresikan dirinya terlalu terbuka, aggresif, dan tumpul. Perlu suatu standar antar kelompok tersebut untuk mengetahui kebiasaan tiap anggota mereka dalam berbahasa dalam chat.
• Status Equalization : Dalam chat online, status yang dimiliki oleh masing-masing orang akan tersamakan satu sama lain dikarenakan perlunya kerja sama dan komunikasi yang baik dalam melakukan group chat.
• Trust : Perlu proses untuk bisa membangun kepercayaan anggota tim baru ke tim yang lama untuk bisa membentuk suatu tim yang tangguh dan solid.
Source:
https://id.wikipedia.org/wiki/Mikroblog
https://id.wikipedia.org/wiki/Blog
Komentar
Posting Komentar